AHLUL HALLI WAL AQDI SEBAGAI FILTER INFORMASI KAUM MUDA

0

Kalangan muda bisa disebut sebagai penerus ulama’ di masa mendatang. Di mana, ke depannya mereka akan mengemban tanggung jawab untuk meneruskan jejak para ulama’ yaitu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Mereka berkontribusi dalam kekuatan, kekuasaan, pengaturan, serta pandangan yang menyatu dalam negeri. Mereka harus menyamakan persepsi mengenai pemimpin yang harus adil dalam segala sudut pandang yang menyatu dalam ahlul halli wal aqdi.

Secara bahasa, ahlul halli wal aqdi berarti ‘orang yang berwenang melepaskan dan mengikat’. Dikatakan mengikat karena setiap keputusan yang diambil mengikat orang-orang yang mengangkat ahlul halli, serta disebut melepaskan karena mereka yang duduk disitu bisa melepaskan dan tidak memilih orang-orang tertentu yang tidak disepakati. Lebih luas, ahlul halli wal aqdi diartikan sebuah institusi khusus yang berfungsi sebagai badan legislatif yang ditaati, berisi orang-orang berpengaruh dalam jamiyyah NU, dibentuk karena keperluan khusus pula.

Kaum muda membutuhkan tuntunan dalam mengetahui siapa yang berhak dalam menduduki jabatan imamah dan bisa mengurus umat secara adil dan bijak. Dalam hal tersebut, kaum muda membutuhkan bimbingan tentang bagaimana tugas sebagaimana seorang khalifah. Memberikan pemahaman kepada kaum muda-mudi ketika mereka menjadi seorang pemimpin. Ada beragam cara ketika ingin menjadi pemimpin yang dapat mengemban amanah dengan baik dan bertanggung jawab. Baik dalam ranah internal ataupun eksternalnya. Hal ini dapat didukung ketika bisa saling membackup antara satu yang lain.

Pada kalangan muda ada berbagai hal yang bisa mengubah pola pikir mereka. Dalam kalangan muda, mereka bisa terpengaruh dengan mudah dari segi apa saja. Oleh sebab itu, kalangan muda harus dibentengi supaya tidak salah arah. Kaum muda harus ada polesan untuk menumbuhkan pergerakan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Tentunya, dalam hal ini mereka harus mempunyai pedoman ketika menjadi seorang pemimpin. Masuk di dalam sebuah forum adalah salah satu pengalaman yang bisa menjadikan manusia lebih berpotensi mengembangkan bakat, minat, serta aspirasinya.

Ahlul halli wal aqdi merupakan kumpulan orang yang dapat memutuskan atau mengikat. Dengan adanya kacamata lembaga ini dapat menjadi sebuah rujukan atau sumber informasi yang tepat bagi kaum muda manakala ingin menentukan pemimpin yang bertanggung jawab, yang dapat dilihat dari segi kekuatan, keberanian, pengetahuan. Itulah yang melatar belakangi kaum muda harus belajar sebelum bertindak. Karena, tidak bisa dipungkiri, mereka akan mudah terjebak dalam arah yang salah apabila tidak memiliki filter dari segala informasi yang mereka terima. (EN)

Biografi Penulis

Nisfa Nur Azizah

Nisfa Nur Azizah atau akrab disapa Azizah merupakan salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Agama Islam yang tengah menempuh semester lima di IAIN Kediri. Azizah juga termasuk santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Untuk mengenal lebih jauh tentang penulis dapat menghubungi nisfanuraziza@gmail.com atau Instagram @ziza.aq_

About author

No comments

WISATA ALAM MILENIAL PANCAR WONOTIRTO

Pancar Wonotirto merupakan wisata alam yang bertempat di Dusun Wonokasian, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Wisata alam Pancar Wonotirto yang menjadi ...